Khasiat JamuMerapifarmaherbalUncategorized

Tempuyung (Tanaman liar yang berkhasiat)

Tempuyung

Tempuyung memiliki nama ilmiah Sonchus Arvensis dan merupakan salah satu tanaman obat yang tumbuh liar disekitar kita.  Di daerah lain tempuyung disebut juga dengan lobak air, lempung, rayana, jombang lalaki, lampenas dan galibug.  Tempuyung sering kita jumpai di pekarangan, lapangan, parit, tembok-tembok atau pagar yang tidak terawat.  Tempuyung tumbuh  dilingkungan yang memiliki curah hujan merata dan bercuaca sejuk. Tanaman herbal ini termasuk suku Asteraceae yang mudah berkembang biak dengan biji yang terbawa oleh angin.  Tumbuhan ini termasuk tumbuhan yang tidak berkayu sehingga semua bagiannya bisa dimanfaatkan tetapi yang paling sering adalah daunnya saja.WhatsApp Image 2020-08-06 at 14.46.45

Tempuyung mempunyai daun yang berbentuk lonjong dengan ujung runcing berwarna hijau keunguan.  Permukaan daun licin dan tepinya berombak dan juga bergerigi tak beraturan.

Batangnya berbulu dan lunak dengan memiliki getah berwarna hijau.

Bunga tempuyung berbentuk majemuk dengan kelopak seperti lonceng.  Sedangkan mahkotanya berbentuk seperti kumpulan jarum berwarna putih kekuningan atau kuning.

Zat kimia yang terkandung dalam tempuyung antara flavonoid, inositol, taraksasterol, oc-laktuserol, P-laktuserol, silika, manitol dan kalium yang bermanfaat bagi manusia

Adapun manfaat tempuyung antara lain :

kabartani.com
kabartani.com
  1. Mengatasi Bisul
  2. Batu Ginjal
  3. Batu Empedu
  4. Mengontrol Tekanan Darah
  5. Mengatasi Asam Urat
  6. Mengobati Luka Bakar
  7. Melancarkan Asi
  8. Menguatkan Tulang
  9. Sebagai Penawar Racun Tubuh
  10. Mengobati Diare

Dll

Dalam penggunaan tempuyung bisa digunakan sebagai lalapan maupun diramu sebagai jamu.  Tempuyung dapat diramu sebagai bahan tunggal maupun dicampur dengan tanaman obat lainnya. Prinsipnya, penggunaan tempuyung sebagai ramuan harus dilandasi pengertian bahwa sifatnya hanya membantu mengurangi derita suatu penyakit tertentu. Meski tidak menutup kemungkinan penggunaan dalam jangka waktu lama khasiatnya bisa maksimal. Dan alangkah baiknya jika kalian mengkonsumsi tempuyung sebagai ramuan jamu kalian konsultasikan dengan ahlinya. (CR.MFH)