edukasijogjaherbalalamijamujamuemponemponjamugodhogjamugodhogkhasjogjajamuherbaljamujogjajamumerapijamurempahjamuslemanKhasiat JamuMerapifarmaherbaloleholehjogjaOutboundPraktek JamuwarisanjogjawarisanleluhurWisata

Tapak Dara (Si mungil segudang khasiat)

Tanaman tapak dara sangat mudah kita jumpai disekitar kita.  Tapak dara merupakan salah satu tanaman hias yang bisa dikatakan tumbuh liar di likungan sekitar.  Di beberapa daerah di Indonesia tapak dara juga dinamai sebagai kembang serdadu.  Di tempat Anda mungkin punya nama spesial atau nama khas? Tapak dara (Catharanthus roseus) atau dengan nama ilmiahnya Vinca Rosea, Vinca multiflora, Ammocallis rosea dan Lochnera rosea.

Bunganya mungil dan memiliki warna yang indah, selalu membuat kita ingin berlama-lama menatapnya.  Tanaman tapak dara memang beragam jenisnya.  Yang membedakan adalah warna bunganya, mulai dari bunga tapak dara yang berwarna putih, kuning kehijauan, merah, pink, biru keunguan.  Warnanya yang indah membuat tapak dara kerap dijadikan tanaman hias.

Tak hanya untuk kebutuhan estetis, ternyata bunga tapak dara memiliki manfaat untuk kesehatan.  Ada empat kandungan yang terdapat dalam bunga tapak dara antara lain vinblacine, vincristine, vindesine dan vinorelbine.

Tapak dara juga dimanfaatkan sebagai tanaman obat untuk mengobati penyakit tumor ganas dan leukemia (kanker darah) pada anak-anak, kanker payudara, kanker limposit dan kanker uterus. Senyawa vinblastine dan vinkristin digunakan sebagai obat kanker yang diekstrak dari daun tanaman tapak dara. Seperti dikutip dari portal uny.ac.id, pemanfaatan tanaman tapak dara sebagai obat leukemia dilakukan dengan mengeringkan bunga dan daunnya untuk dijadikan teh celup.

Manfaat lain dari tapak dara untuk kesehatan antara lain :

  1. Luka susah kering

Tapak dara mengandung senyawa yang dapat mengobati luka tubuh luar yang sulit sembuh atau kering.

Caranya dengan menghancurkan daun sampai melunak, lalu menempelkannya pada borok atau luka. Kandungan tapak darah akan mempercepat penyembuhan dan proses pengeringan pada luka basah.

  1. Diuretik / pelancar air seni

Daun tapak dara sangat baik untuk menyehatkan kandung kemih.

  1. Mengobati hipertensi

Daun tapak darah ternyata dapat pula digunakan untuk mengatasi hipertensi. Rebus daun tapak dara dan diminum secara teratur.

  1. Menghancurkan gondok

Gondok adalah satu penyakit yang banyak menyerang kaum perempuan. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyerang kelenjar parotid yang kemudian menjadi bengkak. Akibatnya, terjadi rasa nyeri dan peradangan. Kandungan daun tapak dara ternyata dapat membantu membunuh virus penyebab gondok.

  1. Mengatasi batuk dan pilek

Untuk mengkonsumsi daun tapak dara bisa dikeringkan lalu dibuat teh.

  1. Obat insomnia

Jika kalian mengalami serangan insomnia atau susah tidur, cobalah minum rebusan air dari daun tapak dara.

Begitu banyak manfaat dari tanaman tapak dara, selain indah dipandang mana tersembunyi beragam manfaat untuk kesehatan manusia.  Tapi untuk konsumsi tanaman tapak dara untuk pengobatan alahkan baiknya berkonsultasi terlebuh dahulu kepada ahlinya / ahli herbal. (CR.MFH)