Uncategorized

Tanaman berkumis yang berkhasiat

WhatsApp Image 2019-12-10 at 14.33.21Kumis Kucing atau secara ilmiah lebih dikenal dengan sebutan Orthosiphon Aristatus termasuk tanaman dari famili Lamiaceae /Labiatae (wikipedia). Tanaman ini merupakan salah satu tanaman obat asli dari Indonesia yang kaya akan manfaat untuk kesehatan.  Tanaman kumis kucing memiliki daun kecil-kecil berwarna hijau.  Memiliki bunga berwarna putih hingga keunguan dengan beberapa helai benang sari memanjang keluar yang mirip dengan helai kumis binatang kucing, sehingga tidak sedikit masyarakat memanfaatkan kecantikannya untuk tanaman hias.  Tidak sedikit dari masyarakat menanam kumis kucing hanya sebagai tanaman hias karena minimnya pengetahuan mengenai khasiat dari tanaman tersebut.

Dilansir dari situs Bulelengkab, sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Ethnopharmacology pernah mengungkapkan manfaat kumis kucing dengan melakukan pengujian pada beberapa tikus. Tikus-tikus ini diberikan minum air yang telah ditambahkan ekstrak kumis kucing. Hasil menunjukkan bahwa ekstrak kumis kucing bekerja memicu peningkatan produksi urin yang membuat orang jadi lebih sering buar air kecil, hal ini secara tidak langsung dapat membantu membilas bakteri yang masuk ke dalam kandung kemih.
Daun Kumis kucing juga mengandung tinggi kalium, glikosida, orthosiponon yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat. Kumis kucing memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-hipertensi yang membantu menghilangkan gejala rematik dan asam urat.

Berikut beberapa manfaat dari tanaman kumis kucing dari berbagai sumber , antara lain :

1. Membantu mengatasi masalah pernapasan, seperti asma dan batuk.
2. Menyembuhkan infeksi saluran kemih.
3. Mengontrol gula darah.
4.Menurunkan berat badan.
5. Mengobati gangguan ginjal. .
6. Menurunkan tekanan darah tinggi.
7. Anti jamur .
8. Membantu proses detoksifikasi.
9. Mengobati gusi bengkak.
10. Mengobati penyakit kulit.
11. Mengobati asam urat.
12. Mengatasi masuk angin.
13. Mengatasi rheumatik

Tapi jika Anda ingin mengkonsumsi tanaman ini alangkah baiknya berkonsultasi kepada yang lebih ahli 🙂