Outbound

STRES

STRES

Stres sering sekali dialami oleh banyak orang.  Stres merupakan kondisi seseorang yang mendapatkan tekanan sehingga menimbulkan beban pikiran sehingga berdampak pada tuntutan emosi.

GEJALA STRES
Ada banyak gejala yang muncul ketika seseorang mengalami  stress, antara lain :
– mudah emosi
– susah memusatkan diri/fokus
– nyeri otot
– jantung berdebar dll
itu hanya 4 dari sekian banyak gejala yang dapat dirasakan ketika seseorang mengalami stres.

FAKTOR STRES

Ada beberapa faktor yang menyebabkan stress, antara lain :

Faktor Biologis :
Faktor biologis ini antara lain :
– pola tidur : pola tidur yang tidak teratur/ kurang tidur sesuai kebutuhuan.
– pola makan : asupan makanan yang kurang dapat mengakibatkan konsentrasi terganggu.
selain itu kelelahan, bentuk postur tubuh, obat-obatan, virus, bakteri maupun parasit juga dapat membuat seseorang terserang stres

Faktor Psikologis
Beberapa hal yang dapat menimbulkan stres dari psikologis antara lain, tuntutan hidup seperti lingkungan sosial dan ekonomi, pandangan hidup yang terlalu tinggi, beban kerja atau aktivitas sehari-hari yang terlalu berat.

Faktor Lingkungan
Lingkungan memiliki pengaruh positif maupun negatif bagi individu.
Beberapa hal yang dapat menimbulkan stress dari lingkungan adalah hubungan sosial individu baik dengan keluarga, teman, maupun rekan kerja.

DAMPAK STRES
Banyak dampak stres yang berakibat buruk bagi seseorang, antara lain :
1. Orang yang stres akan sulit berkonsentrasi dan fokus dengan apa yang ia kerjakan sehingga pekerjaan/kegiatan bisa jadi berantakan.
2. Orang yang mengalami stres biasanya akan hilang nafsu makan sehingga sangat sulit untuk menaikan berat badan. Tetapi para peneliti di University of Miami, AS, menemukan bahwa ketika seseorang dalam situasi yang penuh tekanan, mereka cenderung mengonsumsi 40 persen lebih banyak makanan dari biasanya. Hal ini yang mengakibatkan mereka mengalami kenaikan berat badan.
3. Orang yang stres secara fisik dapat merusak otot jantung. Ini terjadi karena hormon stres meningkatkan detak jantung dan menyempitkan pembuluh darah.Hal ini akan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras, dan akan meningkatkan tekanan darah.
4.  Orang yang mengalami stres akan rentan sakit.
Sistem imun alami tubuh dirancang untuk melindungi kita dari bahaya langsung. Stres kronis dapat merusak sistem tersebut dan justru menghambat kerja sistem imun. Sistem imun alami tubuh dirancang untuk melindungi kita dari bahaya langsung. Stres kronis dapat merusak sistem tersebut dan justru menghambat kerja sistem imun. Akibatnya, risiko kanker dan masalah kesehatan lainnya akan meningkat.

Selain itu banyak kasus penyakit yang dikaitkan dengan stress mulai dari penyakit ringan seperti flu, sakit kepala, masalah kesuburan, obesitas sampai penyakit berat seperti paru-paru, diabetes, darah tinggi, kanker dll

CARA MENGENDALIKAN STRES
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan stres sehingga stres tidak berlanjut lebih parah, antara lain :

  • Jangan memendam perasaan
    Memendam perasaan, terutama perasaan yang mengganggu bisa membuat stres. Lebih baik keluarkan segala unek-unek sehingga beban berkurang.
  • Olahraga
    Olahraga tidak hanya untuk membuat tubuh kita sehat tetapi bisa juga meredakan stres.
  • Aktivitas yang menyenangkan/hobi
    Lakukan kegiatan yang kalian sukai, misal belanja, jalan-jalan di mal, karaoke, nonton film, berkebun, memasak, atau pergi ke taman bermain. Sehingga tubuh dan pikiran menjadi rileks dan fresh.
  • Move on
    Jangan hidup dengan bayang-bayang masa lalu terutama hal yang buruk/menyedihkan yang membuat stres. Hiduplah di masa sekarang.
  • Jaga diri
    Tidur yang cukup, makan makanan yang bergizi juga dapat mengendalikan stres.
    (CR.MFH)

Salah satu alternatif biar kalian gak stres yaitu outbound.  Outbound di Merapi Farma Herbal, outbound herbal yang dikemas secara milenial. Tidak hanya senang-senang tetapi juga edukasi herbal, info lebih lanjut bisa WA 0813 9152 7658