Khasiat Jamu

SI HIJAU YANG AMPUH ATASI DIARE

Sembung yang memiliki nama ilmiah (Blumea Balsamifera) dan memiliki sinonim nama ilmiah antara lain : Baccharis Salvia Lour, Conyza Balsamifera dan Pluchea Balsamifera.  Jika di daerah Jogja di sebut Sembung lain halnya di daerah lain.  Di sunda sembung dikenal dengan sebutan sembung utan, di Sumatera disebut dengan capa, capo. Di jawa tengah orang biasa menyebut dengan sembung langu, sembung mingsa, sembung gula, sembung kluwuk, sembung lelet dll.

Sembung adalah jenis tanaman perdu yang sering kita jumpai di daerah topis dan sub tropis salah satunya di Indonesia. Tanaman ini biasa tumbuh liar sehingga sering dianggap sebagai gulma.  Sembung merupakan tumbuhan perdu yang tumbu tegak.  Bagian batang dan daun memiliki rambut yang sangat halus.  Daun berbentuk bundar telur dan lonjong dengan tepi daun yang bergerigi.  Daun bagian atas lebih kasar dan daun bagian bawah lebih halus.  Sembung juga memiliki bunga yang berwarna kuning. Tanaman ini bisa tumbuh tinggi hingga 4 m.

Adapun kandungan kimia dari tanaman sembung yaitu : terdiri dari borneol, cineole, limonene dan dimenthyl ether phloroacetophenone, glukosida, alcohol sesquiterpene, asam palmitin, minyak siri dan zat bergetah.  Daun segarnya mengandung borneol rasanya asam sedikit pahit, agak hangat dan harum (Wikipedia).  Bagian yang biasa digunakan untuk obat tradisional adalah daun dan akar.

Ada berbagai macam manfaat dari tumbuhan sembung, antara lain :

  1. Mengobati Diare
    Sebagai contoh untuk obat diare cuci 10 lembar daun sembung/ daun secukupnya atau 26 gram daun sembung kering lalu rebus dengan air 4 gelas sampai mendidih kira-kira air sampai menjadi 3 gelas. Saring ketika akan diminum, minum hasil rebusan sebanyak 3x dalam sehari.
  2. Obat Flu
  3. Meningkatkan Empedu
  4. Nyeri Haid dan Haid Tidak Teratur
  5. Mengobati Maag
  6. Nyeri Dada Skibat Penyempitan Pembuluh Darah Jantung
  7. Mengobati Beri- Beri

 

Jika untuk pengobatan sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan ahlinya.  Biasanya para ahli obat tradisional akan menyarankan untuk mengkombinasikan dengan rempah-rempah yang lainnya sehingga akan menjadi lebih aman jika dikonsumsi setiap hari dalam jangka waktu yang lama.

Cara membudidayakan tanaman sembung sangatlah mudah hanya dengan biji.  Pemeliharaannya juga mudah hanya dengan air dan kelembapan yang cukup.  Sebaiknya tanaman sembung ditanam di tempat terbuka, luas dengan cukup sinar matahari. (CR.MFH)