Khasiat JamuMerapifarmaherbalOutboundPraktek JamuUncategorizedWisata

Pahitnya Jamu Tak Sepahit Masa Lalumu

Jika berbicara jamu pasti yang ada dipikiran kalian adalah hitam dan pahit.  Jamu memang identik dengan warna hitam atau pun gelap, berbau tak sedap dan memiliki rasa pahit.  Jadi tidak jarang masyarakat enggan untuk meminum jamu terutama mereka yang tidak doyan pahit.  Kalau kita lihat banyak orang yang meminum jamu dengan ditutup hidungnya dengan alasan baunya gak enak.  Padahal bau dari jamu terutama jamu godhog bisa menjadi terapi bagi kesehatan.

Jamu yang dikenal biasanya mereka sebut dengan jamu paitan yang terkenal dengan warna hitam dan rasa pahit luar biasa.  Tapi lain halnya dengan mereka yang memang sudah terbiasa minum jamu paitan, pasti akan menikmati terlebih khasiatnya sudah mereka rasakan langsung.

Jamu paitan biasanya dibuat dari bahan dasar sambiloto atau brotowali.  Itu adalah 2 bahan yang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat.  Terlepas dari rasa pahit yang luar biasa, jamu paitan memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, antara lain :

  1. Menjaga kesehatan perut dan pencernaan
  2. Menambah nafsu makan
  3. Mengatasi bau badan
  4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  5. Membersihkan darah
  6. Mencerahkan kulit
  7. Mengobati diabetes
  8. Anti malaria
  9. Menurunkan kolesterol
  10. Mengatasi pegal
  11. Mencegah kanker

Melihat manfaatnya yang luar biasa, apa kalian sudah mulai tertarik untuk mencicipi jamu paitan? WhatsApp Image 2020-07-17 at 14.29.38

Ada beberapa tips untuk minum jamu paitan , antara lain :
1.  Minum jamu paitan bisa kalian tambahkan madu

2. Setelah minum jamu paitan coba minum air jahe, kunyit asam atau bera kencur

3. Coba minumnya dinikmati sambil membayangkan yang manis-manis

4. Yakinlah kalau masa lalu kalian lebih pahit dari pada jamu yang kalian minum

 

 

Jamu paitan  ini tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil dan juga penderita darah rendah karena mengandung beberapa zat yang diduga dapat menggugurkan kandungan dan menurunkan tekanan darah. (CR.MFH)