Khasiat JamuMerapifarmaherbalOutboundPraktek JamuUncategorizedWisata

Merah Menggoda Segudang Khasiat

Rosella adalah salah satu tanaman herba yang memiliki bunga merah cantik dan memiliki segudang khasiat bagi kesehatan manusia.  Rosella memiliki nama latin Hibiscus Sabdariffa.  Di zaman kemajuan sekarang bunga rosella telah diolah dan diproduksi dalam berbagai macam produk olahan antara lain minuman kemasan, makanan salah satunya selai, obat-obatan tradisional dan bahan alami produk kecantikan. Tanaman ini sangat baik untuk dikonsumsi karena mempunyai khasiat yang dapat menyehatkan tubuh. Namun kebanyakan orang tau rosella hanya sebagai minuman diet, tapi jika kalian membaca tentang artikel Bunga Rosella maka akan ditemukan segudang khasiat dari bunga rosella.

Meditiana
Meditiana

Tanaman rosella tingginya bisa mencapai 0.5-3 / 4 meter. Batang berbentuk bulat tegak, berkayu dan berwarna merah. Memiliki daun tunggal, berbentuk bulat telur, pertulangan menjari, ujung tumpul dan tepi daun bergerigi.  Panjang daun kurang lebih 6-15 cm dan lebarnya 3-8cm.  Memiliki tangkai daun bulat berwarna hijau dengan panjang 3-7 cm.

Bunga rosella merupakan bunga tunggal, bunganya muncul dari ketiak daun.  Bunga terdiri dari 5-11 helai kelopak yang berbulu dengan panjang 1 cm, pangkalnya saling berlekatan, dan berwarna merah.  Bagian kelopak inilah yang dianggap sebagai bunga oleh masyarakat pada umumnya untuk dimanfaatkan.

Buah pada bunga ini berbentuk kotak kerecut, berambut yang terbagi menjadi 5 ruang dan berwarna merah.  Bentuk biji menyerupai ginjal, bebulu, dengan panjang 5 mm dan lebar 4 mm.  Saat biji masih muda akan berwarna putih dan setelah tua berubah menjadi abu-abu

Dikutip dari portal hortikultura.litbang.pertanian.go.id, pucuk dan daun rosella dapat dikonsumsi sebagai lalap atau direbus. Kelopak bunga digunakan sebagai bahan pewarna dalam pembuatan sirop atau selai. Kelopak bunga rosella dapat dikeringkan dan disimpan, untuk digunakan kemudian.

Dikutip dari greeners.co selain sebagai bahan makanan, rosela juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat. Dalam 100 g daun rosela terkandung 85 g air, 3.3 g protein, 0.3 g lemak, 9 g karbohidrat, 1.6 g serat, 213 mg Ca, 93 mg P, 4.8 mg Fe, 4.1 mg b-carotene, 0.17 g Vitamin B1, 0.45 mg vitamin B2, 54 mg vitamin C, 1.2 mg niacin, dengan total energi sebesar 180 kJ.

Banyaknya permintaan pasar terhadap minuman yang berasal dari olahan bunga rosella maka rosella akan dengan mudah kalian temui di toko-toko, swalayan pada umumnya tidak hanya di toko herbal.  Rosella dikemas secara praktis dalam bentuk teh dan kering.  Kandungan antioksidan yang terdapat pada bunga rosella sangatlah tinggi dan mampu meredam radikal bebas yang memicu pertumbuhan sel kanker.

Semakin pekat warna merah bunga rosella, maka semakin tinggi kadar antioksidan yang terkandung didalamnya dan rasanya pun akan semakin asam.

Manfaat dari bunga Rosella ditinjau dari sudut pandang tradisional maupun medis untuk kesehatan antara lain :

  1. Asam urat
  2. Hipertensi
  3. Diabetes Mellitus
  4. Membaiki metabolisme tubuh
  5. Melangsingkan tubuh
  6. Menghambat sel kanker
  7. Mencegah sariawan dan panas dalam
  8. Menambah vitalisme
  9. Meredakan batu
  10. Mencegah flu
  11. Antioksidan
  12. Antidepresi
  13. Antibotik
  14. Mencegah kerusakan DNA

Kelopak bunga tersebut diketahui mengandung zat-zat penting yang diperlukan oleh tubuh, seperti Vitamin C, Vitamin A, protein esensial, kalsium, dan 18 jenis asam amino, termasuk arginina dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.

Gimana, apa kalian sudah tertarik untuk budidaya Tanaman Rosella? Budidaya tanaman rosella sangat mudah, cukup dengan biji yang sudah kering. Tanaman rosella dapat ditanam di halaman rumah sebagai pagar.  Selain indah untuk dipandang bunga rosella juga dapat dikonsumsi ataupun di olah menjadi berbagai macam produk olahan yang bernilai ekonomis. (CR.MFH)

Merapi Farma Herbal
Olahan Rosella khas Merapi Farma Herbal Jogjakarta