Khasiat JamuMerapifarmaherbalUncategorized

Kenapa Susah Hamil?

Sudah menikah lama bahkan bertahun-tahun tapi belum juga kunjung dikaruniai momongan sering kali menimbulkan segudang pertanyaan.  Tidak hanya bagi mereka yang menjalaninya tetapi mereka yang melihatnya.  Sepertinya saya sehat-sehat saja, suami pun juga.  Lalu kenapa saya tidak kunjung hamil juga? Jangan-jangan.. Segudang pertanyaan yang menimbulkan asumsi dan jawaban sendiri.

Banyak faktor yang menyebablan pasangan suami istri sulit hamil antara lain :

  1. Obesitas

Obesitas yang dialami oleh pasangan suami istri baik dari pihak suami atau pihak istri dapat menurunkan tingkat kesuburan.

  1. Penyakit pada reproduksi
  • Bentuk, pergerakan dan jumlah sperma
  • Sumbatan pada tuba falopi
  • Sel telur nampak tidak matang atau kecil
  • PCOS yaitu menyebabkan hormon pada wanita menjadi tidak seimbang sehingga membuat siklus menstruasi menjadi berantakan. Siklus haid yang tidak teratur inilah yang membuat siklus menstruasi menjadi tidak subur karena tidak disertai ovulasi
  • Endometriosis adalah penyakit ketika jaringan tumbuh secara tidak normal di luar rahim. Pada saat menstruasi, jaringan tersebut akan mengeluarkan darah dan menimbulkan peradangan sehingga menyebabkan sakit dan perdarahan.
  1. Sering atau tidaknya berhubungan seks
  2. Pernah menunda kehamilan

Terutama menunda kehamilan dengan alat kontrasepsi suntik yang menyebabkan siklus menstruasi tidak menentu dan berpeluang untuk membuat wanita sulit hamil.

  1. Faktor Usia

Usia wanita diatas 35 tahun kesuburan akan menurun

  1. Kelainan lendir leher rahim (serviks)

Saat ovulasi lendir pada leher rahim lebih encer sehingga sperma lebih mudah untuk masuk, namun jika lendir pekat maka laju sperma akan terhambat dan jika lendir terlalu asam sperma akan mati.

  1. Kelainan mulut rahim

Yaitu misalnya penyimpangan posisi seperti retrofleksi (rahim menghadap ke belakang)

  1. Infeksi menular seksual
  2. Perokok
  3. Stress

Lalu kapan sebaiknya berkonsultasu ke dokter?  Tidak ada salahnya jika kalian segera memeriksakan diri ke dokter jika sudah setahun menikah namun tak kunjungan memiliki momongan.  Tujuannya supaya segera ditangani bila memang terdapat kelainan. (CR.MFH)