edukasijogjaherbalalamijamujamuemponemponjamugodhogjamugodhogkhasjogjajamuherbaljamujogjajamumerapijamurempahjamuslemankesehatankesehatan masyarakatkesehatanumumKhasiat JamuMerapifarmaherbaloleholehjogjaOutboundpenyakitPraktek JamuUncategorizedwarisanjogjawarisanleluhurWisata

Jarak Tintir sebagai yodium alami

Jarak tintir atau masyarakat yang biasa menyebutnya dengan pohon yodium / pohon betadine merupakan salah satu tanaman obat yang biasa ditanam di sekitar rumah.  Tetapi tak jarang sebagian masyarakat menganggap sebagai semak belukar semata.  Jarak tintir merupakan salah satu tanaman obat yang banyak digunakan oleh masyarakat sebagai pengobatan tradisional.

Jarak tintir memiliki nama latin Jatropha multifida Linn.  Disetiap daerah penyebutan jarak tintir pun beraneka ragam.  Nama lain jarak tintir yang populer adalah jarak cina. Sesuai dengan namanya pohon ini berguna sebagai obat luka terbuka dan meredakan pendarahan pada luka.

Ketika batang daun kita patahnya maka akan menghasilkan getah.  Getah inilah yang mengandung  senyawa alkaloid dan senyawa jatrophine, dimana keduanya  terbukti dapat membantu menghentikan aliran dari pendarahan dengan mempercepat pembekuan darah.  Selain itu kandungan kimia yang ditemukan dalam daun ini yaitu : Saponin, Alkaloid, Tanin, Glikosida, Flavonoid, Fenol, Steroid, Karbohidrat, Kamperterol, Alpha amirin, Stigmaterol, HCN, 7 alpha-diol, beta-sitosterol.

Ada beberapa manfaat dari tanaman jarak tintir, antara lain :

  1. Menghentikan pendarahan dan menyembuhkan luka

Ketika kalian terluka dan mengeluarkan darah, coba oleskan getah jarak tintir pada luka tersebut, meski rasanya sedikit perit tapi dengan cepat pendarahan akan berhenti dan luka akan cepat sembuh.

  1. Memudarkan koreng
  2. Mencegah terjadinya keloid
  3. Mencegah infeksi
  4. Mengobati migrain
  5. Menyembuhkan kulit gatal-gatal
  6. Menambah kadar HB
  7. Menambah jumlah sel darah merah

Jika kalian lihat di google atau buku lain tentang khasiat tanaman obat mungkin akan kalian temukan lagi khasiat dari jarak tintir.  Tanaman ini sangat cocok buat kalian tanam di sekitar rumah sebagai pengganti yodium jika sewaktu-waktu terjadi hal yang darurat.