Uncategorized

Imunitas Terjaga Meskipun Puasa

Imunitas Terjaga Meskipun Puasa

Menjalankan puasa dalam situasi seperti ini mungkin sebagian merasa resah hingga timbul pikiran yang beragam, salah satunya takut jika imunitas tubuh menurun.  Tenang saja, ada banyak cara bagaimana kita menjaga imunitas tubuh agar tetap baik meskipun dalam keadaan puasa.

Berikut tipis atau cara yang bisa kalian lakukan, antara lain :

  1.  Jangan lupa sahur

Terkadang banyak orang yang menyepelekan makan sahur karena berbagai alasan, entah malas lah, entah dia merasa kuat puasa jadi tidak perlu sahur dll. Mungkin banyak dari kalian lebih mengenyangkan perutnya dimalam hari, padahal hal itu salah karna pagi harinya mereka akan cepat lelah. Sebaiknya kalian tetap makan sahur sehingga ketika siang hari badan tetap segar.

  1.  Makan secukupnya ketika berbuka

Kebiasaan banyak orang ketika berbuka adalah balas dendam. Ketika kalian berbuka pasti kalian menyiapkan berbagai macam makanan dan minuman lalu melahapnya sampai habis bahkan tak jangan dari kalian pasti sampai kekenyangan.  Padahal cara berbuka yang seperti itu adalah salah.  Caraberbuka yang benar untuk kesehatan pencernaan adalah berbuka dengan cara bertahap, tidak langsung makan besar. Kalian bisa berbuka dulu dengan yang manis kurma atau teh, lalu dijeda baru akan besar. Tujuannya adalah agar pencernaan tidak kaget dan tidak bekerja dengan berat. Dampak buruk ketika banyak makan di waktu berbuka sebagai berikut :

  1. Membuat badan malas, lemas dan mengantuk karna kekenyangan.
  2. Mengalami gangguan pencernaan, akibat “kaget” karena menerima jumlah makanan yang besar secara tiba-tiba sehingga lambung terasa sesak.
  3. Menurunkan semangat dan konsentrasi terutama semangat beribadah karena aliran darah lebih fokus pada pencernaan dan pasokan darah berkurang ke otak.
  4. Hindari minum air es

Minum air es bagi kalian mungkin sangat menyegarkan untuk berbuka puasa karena seharian kerongkongan terasa kering. Tapi minum air es ketika berbuka akan menyebabkan perut kembung.

  1. Tetap berolahrga
    Beraktivitas selama puasa dapat merangsang pengeluaran hormon-hormon anti insulin yang berfungsi melepas gula darah dari simpanan energi sehingga kadar gula darah tidak menurun dan pada akhirnya tubuh tetap segar bugar sepanjang hari.
  2. Tidur cukup

Tidur yang dimaksud disini adalah ketika malam bukan siang hari.  Ketika tidur maka tubuh kita tengah beristirahat sehingga sel-sel bisa mengembalikan fungsi tubuh yang digunakan untuk beraktivitas seharian.

  1. Mengkonsumsi makanan bergizi

Ketika Berbuka ataupun sahur perbanyaklah makanan yang mengandung lima unsur gizi lengkap, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral, agar tubuh tetap sehat. Vitamin yang perlu dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B dan C yang banyak terdapat pada buah berwarna merah atau kuning, sayuran berwarna hijau tua atau kacang- kacangan.  Jika makanan cukup akan gizi makan imunitas tubuh akan terjaga dengan baik.

WhatsApp Image 2020-04-21 at 09.14.367.  Kurangi kopi dan minuman bersoda atau bahkan JANGAN
Karna kopi mengandung kafein yang akan menyulitkan kalian untuk tidur dan mengganggu fungsi lambung. Sedangkan minuman bersoda dapat menimbun lemak dalam tubuh.

8.  Konsumsi minuman herbal

Untuk menjaga stamina dan juga imunitas tubuh kalian bis akonsumsi minuman herbal/jamu, misal kunyit asam, beras kencur, jahe, dll.  Minuman herbal tersebut bagus untuk menjaga imunitas tubuh kalian.