Khasiat Jamu

Mengatasi Nyeri Haid dengan Jamu Herbal

Sering gak sih diantara kalian para cewek merasakan nyeri saat sedang haid? Sakit ketika datang bulan yang dirasakan biasanya nyeri dan kram pada bagian perut dan pinggang. Tidak sedikit dari kalian pasti berpikir yang tidak-tidak. Pasti pikiran jangan-jangan menuhin pikiran kalian. Hmmmm jangan panik dulu ya .. Disini mbakmin akan bahas tentang nyeri haid yang sering kalian alami.

Di dalam dunia medis nyeri haid biasa disebut dengan dismenore yang biasanya dirasakan pada awal mentruasi, 1 – 2 hari. Ini bisa terjadi dalam tingkat yang ringan hingga berat dan tidak tertahan lagi sehingga sangat mengganggu aktivitas kalian sehari-hari.  Bahkan tidak sedikit dari kalian pasti merasakan nyeri saat haid sampai pingsan.

Gejala dismenore yang sering muncul antara lain kram dan nyeri perut bagian bawah, nyeri punggung bawah, paha bagian dalam terasa ditarik, mual, muntah, pusing dan sakit kepala.

Nyeri saat haid bisa disebabkan oleh berbagai hal antara lain :

  1. Adanya kontraksi yang mekanan pembuluh darah yang mengelilingi rahim sehingga suplai darah dan oksigen ke rahim tidak ada sehingga menimbulkan rasa sakit saat haid
  2. Meningkatnya hormon prostaglandin yang memicu otot Rahim berkontraksi sehingga mengakibatkan sakit saat haid
  3. Volume haid terlalu banyak
  4. Sering merokok dan minum yang berakohol
  5. Obesitas

Sakit saat haid bisa disebabkan karena ada gangguan sistem pada reproduksi wanita, namun kondisi ini biasanya dibarengi dengan gejala lainnya.  Ada beberapa keadaan yang menimbulkan dismenore antara lain :

  1. Endemetriosis
  2. Kista atau tumor pada ovarium
  3. Pemakaian alat kontrasepsi
  4. Penyakit Radang Panggul
  5. Perlengketan pada bagian dalam rahim
  6. Polip rahim
    dll

Jika kalian mengalami sakit saat haid yang hebat atau tak tertahan lebih baiknya konsultasikan dengan dokter dan jamu herbal bisa menjadi salah satu alternatif.

HAID SAKIT

 

 

 

 

 

 

Ada beberapa tanaman yang berkhasiat untuk meredakan nyeri saat haid antara lain :

  1. Baru Cina / Sudomolo
  2. Kenanga
  3. Melati

Seperti apa tanaman tersebut, apa khasiatnya, dan bagaimana cara budidayanya akan mbakmin tulis di artikel berikutnya.. (CR.MFH)

untuk pembelian bisa kesini ya.. linktr.ee/jamugodhogmerapi