Uncategorized

Ekor Kucing

Indonesia terkenal akan kekayaan hayati yang beranekaragam. Termasuk di dalamnya adalah kekayaan hayati tanaman obat atau herbal.  Salah satunya adalah tanaman Ekor Kucing.   Ekor Kucing memiliki nama ilmiah (Acalypha hispida Burm. f)Ekor kucing ini banyak digunakan oleh masyarakat sebagai tanaman hias, biasanya ditanam dipekarangan rumah atau sebagai tanaman pembatas pagar.    Tanaman ekor kucing ini berasal dari hindia barat.  Tumbuhan ini disebut ekor kucing, karena bunga menyerupai ekor kucing, hanya saja berwarna merah.

Ekor kucing adalah kelompok tanaman yang termasuk kelompok tanaman semak berkayu. Tanaman ini mempunyai ciri ciri pertumbuhan yang cepat.  Tanaman hias ini tidak cocok kalau diletakkan didalam ruangan.  Tanaman ini untuk tumbuh dengan baik butuh kelembaban tinggi. Kondisi udara yang kering akan mengakibatkan daun rontok dan timbulnya serangan tungau merah.  Agar tanaman hias ini tetap dalam kondisi vigor perlu dilakukan pemangkasan yang teratur setiap tahun, pemangkasan dapat dilakukan sampai dengan  ½ ukuran. Bunga ekor kucing yang mati dan bunga yang muncul pertama akan lebih baik jika dibuang.

WhatsApp Image 2020-01-11 at 08.34.07 (1)Ekor kucing memiliki helaian daun berbentuk bulat telur atau lonjong yang ujungnya runcing, pangkal tumpul.  Tepi daun bergerigi, pertulangan menyirip, memiliki panjang 12-20 cm dan lebar 6-16 cm.  Daun ekor kucing berwarna hijau muda.  Buahnya bulat, kecil, berambut, dan berwarna hijau. Biji tanaman ini berbentuk bulat, kecil, berwarna putih kotor. Tanaman ini dapat diperbanyak lagi atau dibudidayakan dengan dengan menggunakan biji.

Selain sebagai tanaman hias bunga ekor kucing juga mempunyai manfaat sebagai pengobatan. Bagian tanaman yang digunakan untuk pengobatan adalah bagian bunga dan daun.  Bunga ekor kucing ini memiliki kandungan yang kaya akan kimia.
Ada beberapa khasiat dari tanaman ekor kucing, antara lain :
– Vitiligo
– Penutup Luka
– Disentri
– Radang Usus
– Cacingan
– Muntah Darah
– Kusta

Nah, cukup berkhasiat bukan..  Jadi kalau kalian punya tanamannya jangan hanya ditanam tapi manfaatkan.  Untuk pemakain bisa bertanya langsung pada ahlinya. (CR.MFH)