Khasiat Jamu

EFEK KONSUMSI GORENGAN YANG BERLEBIH

Kata kolesterol pasti sudah tidak asing kita dengar.  Apalagi kalau kita sebut gorengan pasti yang ada dipikiran kita adalah kolesterol.  Karena gorengan atau makanan yang digoreng identik dengan minyak.  Sebenarnya, kolesterol dan lemak dibutuhkanan oleh tubuh manusia khususnya bagi pembentukan energi dan proses yang berlangsung dalam otak. Tapi sayang, kebanyakan masyarakat mengkonsumsi dengan berlebihan, sehingga memiliki dampak buruk untuk kesehatan.
Di dalam sepotong gorengan, kita sebenarnya bisa menemukan satu sendok minyak. Padahal, batas maksimal konsumsi minyak dalam sehari adalah 6 sendok teh. (doktersehat.com)

Terlalu banyak mengonsumsi makanan gorengan juga sering kali dihubungkan dengan kolesterol tinggi. Makin tinggi tingkat kolesterol, maka makin meningkatkan risiko komplikasi yang lain seperti penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah. Kolesterol dapat menyebabkan terbentuknya plak yang dapat menghambat aliran pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi tidak lancar yang berakibat stroke, aterosklerosis dan serangan jantung.

Tapi untuk para pecinta gorengan tidak usah galau, ada beberapa cara untuk menurukan risiko konsumsi gorengan.
Kita bisa menggunakan minyak zaitun, minyak kacang, minyak wijen, minyak biji anggur dan minyak canola.  Minyak-minyak tersebut lebih bagus kandungannya dibanding dengan minyak yang biasa untuk menggoreng pada umumnya di lingkungan masyakat.

Agar minyak tidak menyerap ke dalam makanan yang digoreng, disarankan untuk menggoreng makanan pada suhu 176-1900C. Jika suhu menggoreng berada di bawah suhu tersebut, minyak dapat meresap ke dalam makanan. Sebaliknya, jika suhu terlalu tinggi, makanan akan menjadi terlalu kering dan minyak juga dapat teroksidasi.

Jadi alangkah baiknya jika para pecinta gorengan membuatnya sendiri di rumah.  Karena jika sampai gorengan dimasukkan dalam minyak yang sudah berulang kali digunakan, maka minyak ini mengandung racun dan bersifat karsinogen yang bisa memicu kanker. Sungguh sangat menakutkan bukan..
Lebih bagus lagi kalau dioven, jadi bebas dari minyak.  Tapi mungkin namanya bukan gorengan tapi ovenan hehehe..
Tapi mungkin rasanya juga akan beda,, hmmm selamat mecoba yaa..

Tapi untuk kalian yang sudah punya kadar kolesterol tapi gak mau minum obat, Jagasrol solusinya.  Jamu Godhog khas jogja untuk mengatasi kolesterol. Aman dikonsumsi setiap hari, tanpa bahan pengawet.  Mutu terjamin karena dibuat dari simplisia yang murni.. (CR.MFH)