Uncategorized

Diabetes

Apa itu Diabetes? 
Penyakit diabetes sudah tidak asing lagi kita dengar.  Banyak kita temui penyakit diabetes diderita oleh masyarakat, dan tidak sedikit juga di masyarakat sekita kita meninggal karena penyakit diabetes.
Lalu apa sih sebenarnya diabetes itu?
Diabetes adalah salah satu penyakit yang berlangsung dalam kurun waktu yang lama atau kronis dengan ditandai kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal yang seharusnya. Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap oleh sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung. Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Berapa kadar gula darah yang normal?
Seusai makan, sistem pencernaan Anda akan memecah karbohidrat menjadi gula atau glukosa yang bisa diserap oleh aliran darah. Zat tersebut sangat penting untuk sumber energi sel-sel tubuh Anda. Darah mengalirkan zat gula ini menuju sel-sel tubuh guna menjadikannya energi.  Namun, zat gula ini harus melewati sebuah ‘pintu’ untuk memasuki sel-sel tersebut. Hormon yang berperan dalam membuka ‘pintu’ itu adalah insulin. Insulin dihasilkan oleh pankreas. Setelah memasuki sel, zat gula ini akan dibakar menjadi energi yang bisa Anda pakai. Gula yang lebih akan disimpan di hati untuk dipakai di kemudian hari.

Berikut kisaran kadar gula darah normal pada tubuh:

  • Sebelum makan: sekitar 70-130 mg/dL
  • Dua jam setelah makan: kurang dari 140 mg/dL
  • Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: kurang dari 100 mg/dL
  • Menjelang tidur: 100 – 140 mg/dL

Mengenali Tanda Kekurangan dan Kelebihan Gula Darah

Menjaga kadar gula darah agar dalam angka normal sangat penting. Gula darah terlalu rendah atau tinggi (hiperglikemia) bisa berdampak negatif pada tubuh Anda. Jika gula darah Anda di bawah 70 mg/dL maka Anda mengalami hipoglikemia. Anda dikatakan mengalami hiperglikemia jika kadar gula darah Anda lebih dari 200 mg/dL. (alodokter.com)

Diabetes secara umum ada 2, yaitu :
Diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Hal ini mengakibatkan peningkatan kadar glukosa darah, sehingga terjadi kerusakan pada organ-organ tubuh. Diabetes tipe 1 dikenal juga dengan diabetes autoimun. Pemicu timbulnya keadaan autoimun ini masih belum diketahui dengan pasti. Dugaan paling kuat adalah disebabkan oleh faktor genetik dari penderita yang dipengaruhi juga oleh faktor lingkungan.

Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang lebih sering terjadi. Diabetes jenis ini disebabkan oleh sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapat dipergunakan dengan baik (resistensi sel tubuh terhadap insulin). Sekitar 90-95% persen penderita diabetes di dunia menderita diabetes tipe ini.

Selain kedua jenis diabetes tersebut, terdapat jenis diabetes khusus pada ibu hamil yang dinamakan diabetes gistasional. Diabetes pada kehamilan disebabkan oleh perubahan hormon, dan gula darah akan kembali normal setelah ibu hamil menjalani persalinan. (alodokter.com)

Ada beberapa gejala diabetes yang dapat dikenali lebih awal terutama untuk kaum awam, antara lain :
– Sering merasa haus dan lapar.
– Berat badan turun tanpa sebat yang jelas
– Sering buang air kecil terutama di malam hari.
– Berkurangnya massa otot.
– Mudan lemas.
– Pandangan kabur.
– Luka sulit kering
– Sering mengalami infeksi ( gusi, kulit, saluran kemih atau vagina)
– Dinfuksi ereksi atau impotensi
– Muncul bercak hitam di area ketiak, leher dan selangkangan.
– Gatal-gatal.

Cara mempertahankan gula darah normal
Ada beberapa cara agar gula darah tetap normal, antara lain :
– Olahraga teratus
– Memperhatikan asupan makanan
– Pola makan teratur
– Hindari stress
Sebaiknya Anda juga harus rutin cek ke dokter untuk mengetahui apakah kadar gula Anda normal atau tidak sehingga Anda bisa segera mengambil tindakan.