Khasiat JamuMerapifarmaherbalUncategorized

Daun Pepaya Yang Pahit

Pohon pepaya bukan lagi tanaman yang asing di masyarakat.  Pohon pepaya sangat familiar di masyarakat, selain buahnya yang enak, daun pepaya juga sudah banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai salah satu masakan yang banyak digemari.  Berbeda dengan buahnya yang manis, daun pepaya memiliki rasa yang pahit.  Ketika kita memakan daun pepaya, rasa pahit akan langsung terasa oleh lidah.

0f351d21a0e2900c8adc76907175d14aNamun, di balik rasanya yang pahit, daun pepaya mengandung berbagai senyawa aktif yang memiliki efek yang baik bagi tubuh, misalnya vitamin B1, A dan C.  Daun pepaya juga memiliki kandungan gizi yang cukup beragam diantaranya vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram, vitamin C 140 miligram per 100 gram daun pepaya, kalori 79 kal per 100 gram, protein 8,0 gram per 100 gram, lemak 2,0 gram per 100 gram, hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram per 100 gram, kalsium 353 miligram per 100 gram, dan air 75,4 gram per 100 gram.  Daun pepaya juga mengandung carposide yang dapat berfungsi sebagai obat cacing. Daun pepaya mengandung zat papain yang tinggi sehingga menjadikan rasanya pahit, namun zat ini justru bersifat stomakik yaitu dapat meningkatkan nafsu makan.

Tidak hanya diolah sebagai masakan saja namun daun pepaya juga dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional.  Adapun manfaat daun pepaya antara lain :

  1. Menambah asi pada ibu menyusui

Tidak harus mengkonsumsi dalam bentuk jamu namun bisa juga dikonsumsi dalam bentuk masakan.  Daun pepaya ini bagus untuk memperlancar asi.

  1. Meredakan kram karna menstruasi

Selembar daun pepaya bisa direbus dengan air yang ditambah dengan garam dan asam, lalu air rebusan diminum.

  1. Mengatasi demam berdarah

Zat aktif daun pepaya memiliki kandungan antimalaria dan demam berdarah. Rebus kurang lebih 5 lembar daun pepaya lalu minum hasil rebusan.

  1. Memperbaiki saluran pencernaan

Daun pepaya mengandung zat karpain yang dapat membasmi mikroorganime jahat penganggu pencernaan.

  1. Mencegah risiko kanker

Daun pepaya mengandung antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas sehingga menurunkan risiko kanker.

  1. Mengatasi jerawat

Kalian bisa menggunakan daun pepaya sebagai masker.

  1. Mengatasi keputihan

Selain menggunakan daun sirih, daun pepaya juga bisa mengatasi keputihan

dll

Begitu banyak manfaat daun pepaya bagi kesehatan manusia.  Sangat disayangkan kalau kalian tidak menyukai daun yang pahit ini.  Ada banyak cara pengolahan yang dapat menyamarkan atau bahkan menghilangkan rasa pahit tanpa menghilangkan khasiat dari daun pepaya. (CR.MFH)