CIPLUKAN SI GULMA YANG BERKHASIAT

Ciplukan

Ciplukan merupakan salah satu tanaman yang sering dianggap gulma oleh petani.  Ciplukan biasa tumbuh di pematang sawah maupun kebun.  Tanaman ini memiliki nama latin Physalis angulata dan Physalis minima.  Di luar negeri ciplukan biasa dikenal dengan nama buah morel berry, dan ada beberapa nama daerah lain salah satunya keceplokan yang biasa disebut oleh orang Bali.

Saat ini buah ciplukan sangat mudah didapatkan, di supermarket sudah banyak dijual buah ciplukan yang dikemas di dalam mika.  Buah ciplukan yang kerap kali dianggap gulma oleh petani yang awam akan tanaman obat ternyata sangat besar manfaatnya bagi kesehatan

Melansir dari buku Ragam dan Khasiat Tanaman Obat (2008) oleh Hieronymus Budi Santoso, tanaman ciplukan memiliki zat yang bermanfaat untuk kesehatan, antara lain :

  • Buah : mengandung vitamin C, asam sitrus, fisalin, zat gula, tanin, kriptoxantin, asam malat, dan alkaloid
  • Akar dan batang : mengandung saponin dan flavonoid Daun: mengandung polifenol dan asam klorogenat
  • Biji : mengandung asam elaidik deretan zat dan senyawa dari kandungan ciplukan tersebut membuat tanaman ini dipercaya dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

 

 

 

Beberapa khasiat dari ciplukan, antara lain :

  1. Batu ginjal

Ciplukan juga dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit batu ginjal. Melansir buku Ahli Atasi Kolesterol, Hipertensi, Diabetes (2016) oleh Trubus, kandungan antibakteri dalam ciplukan dapat meluruhkan endapan kalsium dalam ginjal.

  1. Bisul dan borok

Untuk mengobati bisul ciplukan bisa diremas-remas lalu ditempelkan ke bisul / borok

  1. Hipertensi

Hipertensi memang bukan penyakit yang menular tetapi orang yang menderita penyakit hipertensi besar resiko akan komplikasi

  1. Diabetes

Sama halnya dengan hipertensi, seseorang yang menderita penyakit diabetes resiko akan komplikasi penyakit lainnya

 

Di Jamu Godhog Merapi Farma Herbal Jogjakarta, ciplukan merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam beberapa racikan jamu karena memang sudah teruji secara klinis.

 

 

Pemesanan dan konsultasi WA 081327691358