Uncategorized

Cantik dan sehat dengan Kencur

Kencur adalah salah satu empon-empon yang sudah umum digunakan oleh masyarakat, khususnya untuk memasak.  Secara ilmiah kencur disebut dengan Kaempferia galanga, termasuk ke dalam famili jahe (Zingiberaceae). Sekilas, Kencur menyerupai penampilan jahe, tetapi memiliki rasa yang berbeda dan khas.  Kencur memiliki rasa yang kuat dengan rasa yang menyengat dan segar. Selain untuk memasak, kencur juga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk obat tradisional bahkan digunakan di dunia kecantikan sejak zaman dulu.
Jamu yang terkenal yang terbuat dari kencur adalah beras kencur.  Jamu yang banyak disukai oleh masyarakat dari semua kalangan tidak hanya anak-anak, karena rasanya yang segar dan enak.

Tanaman kencur banyak tumbuh di wilayah beriklim tropis dan subtropis.  Daerah penyebaran umumnya berada di Asia, antara lain di Indonesia, India, Bangladesh, Tiongkok, dan Jepang.  Kencur sangat mudah untuk di dapat di pasaran. kencur-agrowindo Tanaman kencur ini mempunyai beberapa helaian daun biasanya 2-3.  Bunganya majemuk yang tersusun setengah duduk dengan kuntum bunga sebanyak 4-12 buah. Dan bibir bunganya (labellum) berwarna lembayung dengan dominan putih.

7cd59e06bd53e24301571988cbff4ba9

Daging buahnya berserat dan lunak, berwarna putih, warna kulitnya coklat.

 

Bagi kesehatan, tanaman kencur memiliki banyak manfaat yang luar biasa, antara lain :
1. Antioksidan
Tubuh kita membutuhkan antioksidan untuk mengusir radikal bebas berbahaya dan virus. Antioksidan ini salah satunya bisa diperoleh dari kencur. Penelitian dari Universitas Slamet Riyadi Surakarta, menjelaskan bahwa karakteristik antioksidan yang dihasilkan oleh beras kencur sangat besar, yakni RSA DPPH 88,25 persen dan aktivitas antioksidan FRAP 91,71 persen.

2. Peningkatan Energi
Banyak formula dupa Tibet dan Jepang yang masih mengandung kencur, terutama dalam formula untuk meningkatkan energi dan kesadaran, mengatasi kelelahan, dan menciptakan lingkungan internal yang damai dan kontemplatif.

3. Mengurangi Kolesterol Jahat
Penelitian dari Fakultas Kedoktoran Universitas Tanjungpura menunjukkan, jamu beras kencur memiliki aktivitas anti-diabetes yang ditunjukkan dengan adanya penurunan kadar glukosa darah. Jamu yang terbuat dari kencur dapat mempromosikan produksi empedu dalam tubuh kita. Empedu bertanggung jawab untuk penyerapan nutrisi dan menghilangkan toksin, termasuk kolesterol jahat.

4. Mengobati Masuk Angin

Rasa pedas yang terkandung dalam kencur mampu memberikan rasa hangat untuk tubuh.

5. Mengobati Tukak Lambung
6. Mengobati Mulas dan Diare
7. Mengobati Kesleo

8. Mengobati Batuk
Kencur dipercaya mampu mengobati batuk. Orang-orang biasanya meminum sari dari kencur untuk mengurangi batuk mereka. Kencur ditemukan mengandung senyawa flavonoid, saponin, polifenol dan minyak atsiri yang dipercaya memiliki kemampuan sebagai anti-bakteri.

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, siapa sangka jika kencur memiliki manfaat yang luar biasa untuk kecantikan wajah kita.  Apa aja sih khasiat kencur untuk kecantikan wajah kita?

1. Menghilangkan mata panda (kantung mata)
Masalah yang satu ini sering terjadi ketika kita capek, banyak begadang, atau lama berada di depan televisi dan komputer.

2. Sebagai anti-aging pada wajah
Anti-aging diperlukan dalam merawat wajah.  Manfaatnya, untuk mencegah penuaan dini akibat radikal bebas. Beras kencur merupakan kombinasi yang tepat dalam melawan penuaan, Beras mengandung vitamin B1, C, E, asam ferulic, dan alantonin.

3. Mengatasi produksi minyak berlebih pada wajah
Minyak yang berlebih pada wajah bisa menyebabkan jerawat, bahkan tempat lain seperti di dada dan punggung. Tapi, yang paling menyebalkan saat terjadi di wajah, karena kita jadi gak PD dengan penampilan. Untuk mengatasinya minyak yang berlebih, gunakan saja masker dari beras kencur. Masker ini bisa menyerap minyak dari wajah kalian

4. Mengencangkan kulit wajah
Kulit putih dan kencang adalah kulit idama semua wanita.  Putih, mulus, dan kencang adalah satu paket agar wajah terlihat cantik dan menawan. Penggunaan kencur bisa mengencangkan wajah. Caranya dengan membuat masker dari beras kencur.

5. Memutihkan wajah
Selain mengkonsumsi minuman beras kencur kalian juga bisa memakai masker beras kencur.

6. Mengatasi jerawat
Jerawat menjadi masalah wajah yang umum dialami, apalagi jika kalian masih remaja, jerawat jadi lebih mudah muncul. Untuk mengatasinya, tinggal manfaatkan masker beras kencur saja.

7. Mengatasi komedo-komedo yang bandel
Komedo sering sekali muncul di area hidung dan pipi. Hal ini menjadikan wajah kasar dan berbintik hitam. Untuk mengatasinya, kalian bisa memakai masker dari beras kencur sehingga wajah kalian bersih menyeluruh.

Itulah segudang khasiat dari kencur yang bisa jadi referensi untuk kalian coba. Lebih herbal dan tidak mahal.