Uncategorized

Cabai Jawa

Cabai Jawa yang memiliki nama ilmiah  (Piper retrofractum Vahl)  adalah salah satu rempah-rempah yang bersahabat dengan lada dan kemukus. Cabai Jawa termasuk dalam suku sirih-sirihan.  Tanaman cabai jawa salah satu tanaman obat asli Indonesia yang sudah dimanfaatkan sejak zaman dulu yang hidup di pekarangan dan hutan dataran rendah.   Tanaman ini seperti sirih, merambat, membelit, dan melata. Daunnya berbentuk bulat telur sampai lonjong, pangkal daun berbentuk jantung atau membulat, ujung daun runcing dan memiliki buah berbentuk bulir, bentuknya bulat panjang atau silindris, dan ujungnya mengecil. Buah yang belum tua berwarna kelabu lalu menjadi hijau kemudian menguning hingga merah lunak.  Tanaman ini sangat potensial di bidang komoditi di bidang jamu/obat tradisional. Salah satu kegunaan tanaman ini adalah untuk campuran ramuan jamu/obat tradisional. Banyak masyarakat yang membudidayakan tanaman ini,  selain cabainya dijual mereka juga mengolah cabai jawa untuk dijadikan serbuk pemedas pada makanan.  Karena cabai jawa ini terkenal dengan rasanya yang pedas.

Mengutip dari tabloidsinartani.com, cabai jawa mengandung senyawa seperti piperine, minyak atsiri, sesamin, benzene dan palmitic ascid yang bermanfaat di bidang kesehatan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti berikut ini :

1. Demam
Manfaat cabe jawa yang pertama di bidang kesehatan berhubungan dengan menurunkan panas demam. Demam umumnya menyerang saat cuaca yang tidak pasti seperti hujan yang sering dan panas yang juga tidak berhenti henti. Sistem kekebalan tubuh yang menurun dapat membuat virus menyerang dengan mudahnya karena itu saat musin seperti itu di anjurkan anda untuk menjaga kesehatan tubuh.2. Beri-beri

2. Beri-beri
Disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin B. Akibat dari kekurangan vitamin B tersebut bagi tumbuh adalah timbulnya pembengkakan dan pembesaran pada betis. Beri beri dapat di obati dengan menggunakan seduhan dari biji cabai jawa dengan diminum sebanyak dua kali sehari.

3. Anemia
Penyakit ini disebakan karena kekurangan zat besi sehingga menurunkan jumlah hemoglobin yang berfungsi untuk mengikat oksigen di dalam sel darah merah. Gejala yang umum terjadi jika tubuh terserang anemia adalah rasa pusing dan mual. Cabai jawa memiliki senyawa yang dapat mengatasi penyakit anemia ini. Jadi anda dapat mengonsumsi untuk mencegah dan mengatasi penyakit anemia.

4. Sakit gigi
Fungsi dari cabai jawa berikutnya adalah sebagao obat sakit gigi. Penyebab sakit gigi bisa karena gigi yang berlubang sehingga lama kelamaan menimbulkan rasa sakit dan membengkak karena peradangan.

5. Sakit Kepala
Jika anda sakit kepala maka anda dapat menggunakan rebusan dari cabai jawa untuk di minum agar meredakan sakit kepala anda. Cabai jawa dapat mengobati sakit kepala keseluruhan dan juga sakit kepala sebelah.

6. Kolera
Penyakit kolera ini memicu dehidrasi dan diare yang parah dan harus ditangani dengan cepat karena jika terlambat maka dapat menyebabkan seseorang nyawanya tidak dapat di tolong. Pemberian rebusan dari daun cabai jawa dapat menjadi pertolongan pertama terhadap penyakit kolera ini.

7. Flu
Manfaat dari cabe jawa berikutnya adalah untuk mengobati flu. Flu terjadi beriringan dengan panas badan yang tinggi kadang disertai dengan sakit kepala. Flu umumnya menyerang selama dua sampai dengan tujuh hari. Minum rebusan cabe jawa untuk mencegah dan mengobati sakit flu.

8. Sakit Pinggang
Sakit pinggang biasanya di derita oleh orang tua dengan umur 30 sampai 50 tahun. Sakit pinggang dapat di obati dengan rebusan cabai jawa.

9. Mual
Untuk mengobati rasa mual pada perut yang kosong anda juga dapat mencoba rebusan dari cabai jawa ini untuk mengobati rasa mual.

10. Diare
Penanganan penyakit diare harus di lakukan secara cepat dan tepat karena kehilangan cairan tubuh dalam jumlah yang banyak dapat menganggu kesehatan tubuh. Pemberian larutan oralit dapat membantu menghentikan diare. Selain dari larutan oralit pemberian rebusan untuk cabai jawa juga turut membantu mengobatinya.

11. Sistem pernafasan
Gangguan pada sistem pernafasan seperti asma, tuberkolosis dapat diatasi dengan meminum rebusan cabe jawa. Sistem pernafasan berfungsi sebagai jalur untuk menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Karena manfaatnya ini sistem pernafasan penting untuk di jaga agar sehat selalu.

12. Rematik
Rematik disebabkan akibat persendian yang mengalami peradangan hingga terjadi pembengkakkan. Rematik menyebabkan sakit yang luar biasa ini umumnya di alami oleh orang dengan usia diatas tiga pulu tahun. Untuk pengobatan dengan bahan alami anda dapat mencoba menggunakan rebusan dari cabai jawa.

13.  Peredaran darah
Peredaran darah yang sehat diperlukan untuk mengatur jalannya sel darah merah untuk melancarkan fungsi organ organ lainnya. Peredarah darah yang lancar menyehatkan tubuh dalam melaksanakan kehidupan sehari – hari. Manfaat rebusan dari cabai jawa ini dapat membantu melancarkan peredaran darah.

14. Stroke
Gejala stroke ditandai dengan tekanan darah tinggi. Jika anda mempunyai riwayat tekanan darah tinggi maka hampir sembilan puluh persen anda dapat terserang penyakit stroke. Stroke adalah penyakit yang paling berbahaya karena berkaitan erat dengan jantung. Pembuluh darah yang pecah di otak kadang dapat menyebabkan stroke. Dari gejalanya stroke dialami dengan kelumpuhan total dan juga kelumpuhan yang hanya mengenai sebagian dari badan.

15. Lemah syahwat
Lemah syahwat bisa diobati dengan ramuan herbal rebusan dari cabe jawa. Anda cukup meminumnya sebanyak dua kali sehari secara teratur dan konsisten.

WhatsApp Image 2019-12-17 at 13.37.48

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Begitu banyak khasiat dan juga manfaat dari cabai jawa.  Gimana? Tertarik untuk membudidayakan?