Uncategorized

BAYAM DURI (GULMA SEJUTA KHASIAT)

Bayam duri yang memiliki nama ilmiah Amaranthus Spinosus adalah salah satu tanaman yang sering dianggap gulma oleh masyarakat.   Sekilas bayam duri sama dengan bayam biasa yang biasa kita sayur, yang membedakan yaitu duri yang terdapat pada bayam duri. Bayam duri biasa tumbuh liar disawah kering dan tumbuh bersama tanaman liar lain seperti ciplukan.

Kandungan pada bayam duri ini terdapat amarantin, rutin, spinasterol, hentriakontan, tanin, kalium nitrat, kalsium oksalat, garam fosfat, zat besi, serta vitamin. Bayam duri, terkadang dianggap sebelah mata yang dianggap tidak memiliki manfaat.

Adapun manfaat dari bayam duri antara lain :

  1. Menurunkan beras badan

Bayam duri mengandung banyak vitamin yang dapat menekan nafsu makan.

  1. Mengatasi masalah bayi lahir cacat

Bayam duri mengandung vitamin Folat dan B9 yang sangat diperlukan untuk ibu hamil.  Karena kekurangan vitamin folat dapat menyebabkan cacat tabung syaraf pada bayi baru lahir.

  1. Mengandung protein tinggi

Protein sangat penting dalam pertumbuhan, pembentukan sel dan jaringan baru.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Bayam duri kaya akan kandungan serat sehingga mampu melancarkan pencernaan.

  1. Sebagai antioksidan

Bayam duri mampu mencegah keaktifan radikal bebas yang dapat menyebabkan sel sehat berevolusi menjadi sel kanker.

  1. Meningkatkan pertumbuhan tulang

Bayam memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan tulang sehingga dapat mencegah masalah osteoporosis.

Jika kalian membaca artikel lain tentang bayam duri makan akan kalian temukan manfaat bayam duri yang lainnya bagi kesehatan tubuh manusia.  Jadi sangat disayangkan jika bayam duri hanya dianggap sebagai gulma dan tidak dimanfaatkan. (CR.MFH)