Uncategorized

AQUAPONIK MINI – SeS

MENJAGA KETAHANAN PANGAN DENGAN TEKNOLOGI AQUAPONIK
(MERAPI FARMA HERBAL)

Di era globalisasi perkembangan terutama dalam bidang pembangunan khususnya di perkotaan semakin pesat, hal ini berdampak pada semakin berkurangnya lahan pertanian yang ada. Tidak hanya di kota besar bahkan di kota-kota kecil pembangunan perekonomian dan pemukiman semakin meningkat sehingga mengakibatkan alih fungsi lahan yang ada.  Lahan-lahan yang dulunya merupakan lahan pertanian, berubah menjadi hotel, mall, toko / ruko, pemukiman penduduk dll

Semakin sempit dan terbatasnya lahan yang berada di perkotaan maka pemanfaatan pekarangan rumah  jadi salah satu opsi yang bisa dipilih untuk mendukung  pembangunan pertanian di perkotaan. Hal ini sangat erat kaitannya dengan usaha masyarakat untuk mencapai ketahanan pangan yang dimulai dari lingkup dan skala yang paling kecil, yaitu rumah tangga.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memanfaatkan pekarangan dalam bidang pertanian adalah cara teknologi budidaya tanaman dengan metode  aquaponik.  Aquaponik merupakan sistem menanam tanaman dan memelihara ikan dalam satu rangkaian tempat. Tanaman memanfaatkan unsur hara yang berasal dari kotoran ikan. Kotoran ikan tersebut jika dibiarkan akan menjadi racun bagi ikan itu sendiri, sehingga tanaman akan berfungsi sebagai filter vegetasi yang akan mengurai zat racun tersebut menjadi zat yang tidak berbahaya bagi ikan. Suplay oksigen pada air dapat digunakan untuk memelihara kelangsungan hidup ikan. Jadi  siklus ini akan menjadi siklus yang saling menguntungkan.  Ikan adalah kunci dalam sistem aquaponik karena ikan menyediakan hampir semua nutrisi bagi tanaman.  Ada berbagai jenis ikan yang dapat digunakan dalam sistem aquaponik, salah satu jenis ikan yang biasa digunakan adalah ikan nila.  Selain itu untuk menentukan jenis ikan apa yang akan digunakan dapat disesuaikan dengan iklim dan pasaran.

Ada banyak jenis tanaman yang dapat ditanam dengan menggunakan sistem aquaponik misalnya slada, caisim, pakcoy, kangkung dll.  Namun tidak hanya sayuran hijau saja tetapi varietas sayuran buah yang lain juga bisa ditanam dengan sistem aquaponik seperti terung (ungu), tomat, cabe, melon dll.

Manfaat Aquaponik

Beberapa manfaat  dari budidaya dengan sistem aquaponik antara lain adalah :

  1. Tanaman yang dihasilkan merupakan produk organik
  2. Mengasilkan 2 produk sekaligus yaitu sayur dan ikan dalam 1 unit produksi
  3. Pemeliharaan tanaman lebih mudah
  4. Tidak memakan lahan yang luas
  5. Jika pertumbuhan tanaman baik makan akan lebih cepat

 

WhatsApp Image 2020-06-06 at 08.47.27 (2)Menindak lanjuti tentang isu ketahanan pangan, maka kami menciptakan Aquaponik Mini – SeS untuk menciptakan ketahanan pangan masyarakat khususnya dalam lingkup rumah tangga.  Aquaponik ini dapat di pesan dengan berbagai macam ukuran mulai dari 2 x 6 m2.

Selain itu aquaponik bisa dijadikan alat untuk memperindah pekarangan.
Untuk pemesanan dan info harga bisa wa 081327691358